Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Aplikasi Akuntansi

20.15 Oktaviani91 0 Comments

aik yang berbasis desktop ataupun web, pada hakekatnya sama saja. Keduanya bisa menjadi pilihan karena bisa mengefektifkan dan mengefisiensikan pekerjaan pengelolaan laporan keuangan. Versi-versi terbaru juga terus dikembangkan oleh developer penyedia software tersebut. Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan seseorang untuk mengelola keungannya dengan mudah menggunakan aplikasi,jasa pembuatan aplikasi akuntansi akan membuat sistem sesuai dengan kebutuhan Anda.
 Hal ini berkaitan dengan masih adanya kekurangan yang disediakan software sekaligus untuk memenuhi permintaan pasar yang ingin lebih simple dan mudah digunakan namun dengan fitur yang lengkap.



Lantas apa sebenarnya kelebihan dari penggunaan software akuntansi ini? Bagaimana pula dengan kekurangannya? Berikut penjelasannya.

Kelebihan Software Akuntansi

Selain untuk membantu dalam pengerjaan aktivitas akuntansi atau keuangan perusahaan, software juga digunakan untuk menghasilkan data dan laporan yang akurat. Lebih dari itu, berikut beberapa kelebihan yang didapatkan dengan penggunaan software akuntansi.

Data-Data Transaksi yang Terorganisasi dengan Baik

Membuat laporan secara manual tentu memiliki risiko seperti hilangnya faktur dan salah catat. Namun, dengan menggunakan software, maka hal-hal tersebut bisa dihindari karena pencatatan dilakukan secara digital serta terkumpul dengan aman dan terorganisasi dengan baik. Data-data transaksi ini juga akan dengan mudah dicari sehingga membantu efektifitas kerja akuntan.

Lebih Aplikatif untuk Semua Bidang Bisnis

Perangkat aplikasi akuntansi memiliki kelebihan karena fitur-fiturnya bisa dipilih sesuai jenis bisnis yang dijalankan, dari mulai UKM, perdagangan, industri, konstruksi, dan lain sebagainya. Hal ini berarti penggunaan software akuntansi lebih aplikatif dan menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan.

User Friendly

Salah satu keunggulan dari software akuntansi adalah mudah digunakan (user friendly) karena fitur-fiturnya yang mudah dipahami. Bahkan untuk pengoperasiannya juga bisa dilakukan oleh mereka yang tidak berlatang belakang di bidang akuntan.

Lebih Aman

Penggunaan software artinya pencatatan akan menjadi lebih transparan. Selain itu, anda juga tidak perlu khawatir akan resiko kehilangan data. Hal ini karena ada backup data otomatis yang bisa diandalkan jika terjadi hal-hal diluar keinginan.

Terdapat Fitur Manajemen Pencatatan Utang Piutang

Dalam software akuntansi, terdapat juga fitur yang memungkinkan penggunanya mencatat utang dan piutang secara mudah dan akurat. Fitur ini juga memungkinkan proyeksi posisi arus kas bisnis di masa depan. Catatan tagihan dan faktur bisa dikelola dan disusun sehingga dapat membantu dalam meminimalisasi timbulnya piutang tak tertagih dan denda keterlambatan dari pelunasan utang.



Kekurangan Software Akuntansi

Dibalik kelebihan yang dimilikinya, ternyata masih ada sedikit kekurangan dari software akuntansi ini. Setidaknya ada 3 hal utama yang menjadi kekurangan tersebut, yaitu :

Sistem Migrasi Data

Kegiatan bisnis tentu bersifat dinamis, begitupun perusahaan yang bisa berubah dan berkembang. Ini artinya software akuntansi yang telah digunakan perlu ada penyesuaian kembali mengikuti kebutuhan bisnis. Imigrasi data inilah yang bisa menyebabkan gangguan apabila tidak dilakukan dengan benar atau oleh personel khusus. Sehingga perlu bantuan kembali kepada developer penyedia software.

 Membutuhkan Keamanan Server yang Baik

Oleh karena software dijalankan secara terpusat, maka jika server pusat mengalami down maka sistem software tidak bisa berjalan dengan lancar. Oleh karena itulah perlu sistem keamanan yang lebih baik.

Tidak Mencakup Semua Operasional Perusahaan

Sebagai sebuah software khusus akuntansi, maka tentu penggunaanya juga terbatas untuk aktivitas akuntansi saja. Ini artinya jika anda hanya menggunakan software akuntansi saja, maka antara divisi satu dan yang lain tidak terintegrasi secara langsung.

You Might Also Like

0 komentar: